Rabu, 18 Agustus 2010

Info Ikan Hias Surabaya

Info Ikan Hias Surabaya
Sumber www.palapamagetan.com

Secara umum ikan digolongkan menjadi 2 kategori, yaitu ikan konsumsi dan ikan hias.

Ikan hias kemudian dibagi lagi menjadi 2 kategori, yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Jenis ikan hias yang biasa dipelihara adalah, arwana, louhan, cupang, koi, guppy, mas koki. Sebenarnya masih banyak jenis ikan hias lain seperti patin, nila, manvis, gurami, platy, sapu-sapu, rainbow, dan lain sebagainya.

Mari kita sedikit mengenal jenis ikan hias yang populer saat ini.

ARWANA

Ikan arwana adalah salah satu spesies ikan hias air tawar dari Asia Tenggara. Arwana umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana juga disebut “Ikan Naga” karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana adalah spesies ikan hias asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yaitu Hijau (ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia), Emas dengan ekor merah (ditemukan di Indonesia), Emas (ditemukan di Malaysia), Merah(ditemukan di Indonesia). Ikan ini biasa juga dipelihara di akuarium.

LOUHAN

Ikan Louhan biasa juga disebut ikan Kimhua, spesies ikan hias ini berasal dari Malaysia sekitar tahun 1997, bermula dari experiman yang dilakukan oleh seseorang dengan cara budidaya menyilangkan ikan yang berbeda spesies, hingga sampai didapatkan hasil benih keturunan sebagus seperti kebanyakan ikan Louhan yang ada sekarang ini. Jenis ikan Louhan yang utama di antaranya adalah : Chinwa, Chencu Modern, Chencu Clasic, Kamalau, Bonsai, Mutiara, Non Marking dan banyak lagi budidaya pengembangbiakannya dengan penamaan yang sangat beragam. Ikan ini biasa dipelihara di akuarium yang berukuran tidak terlalu besar. Dan biasanya akuarium tersebut disekat supaya bisa menampung beberapa ekor louhan.

CUPANG

Ikan Cupang adalah ikan hias yang sangat dikenal oleh masyarakat khususnya anak-anak, karena ikan hias tersebut selain rupanya yang cantik juga merupakan ikan hias tentara yang menarik bila diadu. Ikan hias ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens. Ikan hias ini berkembang biak dengan cara bertelur dan telurnya menempel pada substrat seperti akar tanaman, daun-daun atau serabut rapia. Ikan ini biasa dipelihara di akuarium kecil, bahkan juga di dalam toples. Jarang sekali ditempatkan banyak ikan cupang dalam satu akuarium. Biasa nya cenderung di pisah dalam masing-masing akuarium supaya tidak berkelahi

KOI

Ikan Koi merupakan ikan mas yang telah dibesarkan, dan dibudidayakan atau diternakkan oleh orang Jepang untuk waktu yang cukup lama, dan dipijahkan di Jepang khusus untuk warna mereka. Mereka dikenal sebagai ikan hias yang jinak. Ikan koi merupakan omnivora, mereka makan berbagai jenis pakan baik itu hewan atau tumbuhan. Ikan koi lebih sering dipelihara di kolam. Kolam yang dipakai memiliki kedalaman lebih dari 50cm. Dengan kolam seperti ini diharapkan koi dapat berenang dengan leluasa. Banyak teknik dalam membuat kolam ikan koi, membuat filter kolam dan segala macam tentang kolam koi, karena ikan ini cukup digemari oleh hobiis.

GUPPY

Ikan Guppy awalnya hidup di rawa air payau. Ikan hias ini berkembang biak dengan cara beranak sehingga pemijahannya tergolong mudah. Selain warna, bentuk dasar ekor ikan guppy juga bervariasi. Guppy dibagi berdasarkan bentuk ekornya yaitu wide tail (ekor lebar), sword tail (ekor panjang), dan short tail (ekor pendek). Tiap varietas mempunyai 4 macam bentuk ekor. Varietas terbaru yaitu Ribbon/Swallow. Ini merupakan varietas baru dari berbagai persilangan menyebabkan mutasi gen merupakan hasil dari kawin silang dari berbagai jenis ikan hias ini. Ikan ini biasa dipelihara di dalam akuarium.

MAS KOKI

Ikan maskoki awalnya sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan hias ini berasal dari satu kerabat. Bedanya ikan maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya. Kemudian pada masa dinasti Ming (1368-1644) popularitas ikan maskoki mulai menanjak, dari sinilah bermunculan ikan maskoki dengan bentuk tubuh yang bervariasi dan unik. Perkembangan ikan maskoki kemudian merambah hingga negeri Jepang. Di Jepang ikan maskoki ini terus mengalami perkembangan budidaya dan berkembang biak dengan pesat hingga dihasilkan jenis-jenis baru dengan bentuk yang lebih varatif seperti saat ini. Ikan ini biasa dipelihara di dalam akuarium.

TEKNIK BUDIDAYA IKAN HIAS

Secara umum, cara budidaya atau pengembangbiakan ikan hias dapat dikatakan sama. Yaitu pasangan induk d tempatkan dalam kolam atau akuarium yang tenang, dan diberi substrat yang dapat membantu proses perkawinan dan peletakan telur telur ikan. Jangan lupa tambahkan pompa aerator, filter, bioball, dan karbon aktif untuk menyaring air. Ikan hias dapat dipijahkan di kolam atau akuarium asalkan syarat-syarat hidup ikan hias tersebut terpenuhi

CARA MEMELIHARA IKAN HIAS

Cara memelihara ikan hias tidak lah susah. Dibutuhkan akuarium atau kolam sebagai tempat, dan ditunjang dengan aksesoris seperti filter, bioball, aerator, hiasan, dan lain sebagainya.

PEMANFAATAN IKAN HIAS

Walaupun dikatakan sebagai ikan hias, namun ikan hias juga dapat dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Contoh nya ikan patin, ikan mas, ikan gurami, ikan nila dan masih banyak lagi.

Selain diolah menjadi makanan, ikan hias juga dimanfaatkan untuk bisnis pemancingan. Dalam bisnis pancing memancing, selalu pilihlah ikan yang mampu tumbuh besar dan nikmat bila dikonsumsi.

JUAL BELI IKAN HIAS

Apabila anda tertarik untuk memelihara ikan hias, anda dapat membeli bibit, anakan, atau indukan ikan hias di beberapa tempat di Surabaya. Tempat yang cukup terkenal di surabaya adalah di sepanjang Jl. Irian Barat Surabaya, Jl. Kayun, Jl. Gunung Sari dan di pasar bratang. Di tempat tersebut anda dapat menjumpai berbagai jenis dan ukuran ikan hias, mulai dari yang harga nya murah sampai mahal. Dari yang umum sampai dengan yang langka. Anda juga dapat melakukan tawar menawar dan akan dihadapkan dengan banyak pilihan ikan.

Jl. Irian Barat cukup terkenal dengan sebutan pasar ikan. Biasanya para pedagang ikan hias berdagang pada hari rabu dan sabtu malam. Jangan heran bila anda berkunjung untuk membeli ikan hias di Jl. Irian Barat dan dihadapkan dengan pasar yang ramai pengunjung. Yah itulah Jl. Irian Barat. Akan selalu ramai pengunjung di saat pasar ikan hias dibuka.

Jl. Kayun adalah tempat jual beli ikan hias. Biasanya para pedagang ikan hias sudah memiliki kios sendiri. Di Jl. Kayun juga dapat dijumpai akuarium dan berbagai dekorasi kolam. Anda bisa melakukan tawar menawar dan membandingkan harga satu sama lain.

Jl. Gunung Sari juga merupakan pasar ikan hias. Kabarnya tempat ini sengaja dibuat untuk menghimpun berbagai pedagang ikan hias.

Pasar Bratang adalah pasar segala jenis hewan. Di pasar ini kita bisa menemui berbagai jenis ikan hias, akuarium dan aksesoris nya.

Selain ikan hias, tempat tersebut juga menyediakan aksesoris akuarium dan kolam seperti, akuarium, filter, aerator, bioball, tanaman air, dekorasi akuarium, pompa kolam, zeolit, karbon aktif dan masih banyak lagi

Bila anda ingin mengetahui informasi lebih jauh, silahkan kunjungi www.palapamagetan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar